Rabu, 20 Agustus 2008

PLANET TERBESAR

Planet ini bernama TrEs 4. Planet ini muncul begitu saja. TrEs 4 memiliki ukuran 1,7 kali lebih besar dari Jupiter. Karena planet ini tergolong lemah, maka terletak di bagian atas atmosfer. Dari gambar terlihat bahwa atmosfer bergerak seperti gerakan ekor komet.
Planet TrEs 4 pertama kali dijelaskan oleh Lowell Observatory’s Planet Search Survey Telescope (PSST), dirancang and dioperasikan oleh Edward Dunham and Georgi Mandushe. Planet ini terletak sekitar 1400 tahun cahaya dari bumi. Orbitnya berada di sekitar bintang induknya yang hanya berjarak 3,5 hari. Planet ini sangat panas, suhu sekitar 1.600 Kelvin atau 2.300 derajat Fahrenheit.
Massa planet yang cukup besar, tetapi dentitasnya rendah ini secara anomali dikenal sebagai eksoplanet. Karena itu ilmuwan meyakini bahwa ada planet lain yang ukurannya lebih besar, tetapi mereka belum bisa mengukur karena planet-planet lain yang belum transit. Matahari diperkirakan bukan lagi sebagai objek angkasa terbesar semenjak ditemukan planet ini.

Yupiter atau Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
Jarak rata-rata antara
Jupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun.
Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa.
Atmosfer Jupiter mengandung hidrogen (H), helium (He), metana (CH4), dan amonia (NH3). Suhu di permukaan planet ini berkisar dari -140oC sampai dengan 21oC. Seperti planet lain, Jupiter tersusun atas unsur besi dan unsur berat lainnya. Jupiter memiliki 63 satelit, di antaranya Io, Europa, Ganymede, Callisto (Galilean moons).
Jupiter biasanya menjadi objek tercerah keempat di langit (setelah
matahari, bulan dan Venus); bagaimanapun pada saat tertentu Mars terlihat lebih cerah daripada Jupiter.


Tidak ada komentar: